Dave Ulrich 4 Peran HR

Written by: Geris Pradhana Anindhiya


Dave Ulrich, dalam bukunya yang berjudul Human Resource Champions (1996) mengidentifikasi ada 4 peran HR yang menambah value dari perusahaan peran-peran tersebut adalah:

Sebagai administratif expert, Proses pengelolaan karyawan tentu saja membutuhkan banyak sekali  Form dan juga database. Proses ini harus dilakukan secara efektif dan efisien, bukan hanya itu saja pelayanan yang diberikan juga harus sesuai dengan kebutuhan organisasi. Peran HR dalam administratif expert  ini cukup memakan waktu dan dibutuhkan penunjang teknologi informasi untuk membantu pengerjaannya

Sebagai employee champion, HR harus mampu mengembangkan strategi memanfaatkan SDM atau talent pool yang ada dalam perusahaan. Selanjutnya bersama-sama dengan manajer lini mengimplementasikan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan komitmen dan kontribusi karyawan. HR juga harus mampu menjadi jembatan penghubung yang baik antara staff dan top manajemen dan mengambil langkah yang tepat berkaitan dengan membangun lingkungan kerja yang baik dan nyaman bagi tiap-tiap elemen di perusahaan.

Sebagai strategic partner, Disini HR ikut berperan dalam merencanakan dan pengaplikasian strategi SDM ke dalam strategi bisnis secara umum. HR harus memiliki kemampuan untuk berkontribusi secara riil terhadap lini-lini perusahaan lewat program-program SDM. Selain itu juga HR perlu mendampingi top manajemen dalam mencari solusi dan memberikan kontribusi dalam pembuatan keputusan yang strategis terkait organisasi, karyawan dan kemungkinan perubahan.


Sebagai change agent, HR harus mengerti budaya organisasi, nantinya bersama dengan konsultan/komite internal perusahaan, mereka mendampingi manajer untuk memimpin, mengarahkan dan memfasilitasi perubahan dalam rangka meningkatkan kapasitas karyawan untuk berkembang bersama-sama dengan perusahaan.



Share on Google Plus

About us

Integrated Management Group terdiri dari dua lini jasa yaitu : School of Leadership dan IM (Integrated Management) Consultant. School of Leadership bergerak dibidang pengembangan diri dalam organisasi dan komunitas sosial sedangkan IM Consultant bergerak dibidang jasa konsultan SDM atau Human Resources Business Partner untuk UMKM.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com