5 level kepemimpinan (John C Maxwell)

Menurut John C. Maxwell seorang pakar leadership, kematangan seorang pemimpin nisa dikategorikan menjadi 5 tingkatan yaitu.

1. Position
Pada tingkatan ini pemimpin memimpin berdasarkan otoritas mereka. Pemimpin memimpin berdasarkan jabatan atau kuasanya atas sesuatu hal. Pemimpin pada posisi ini dituntut untuk melakukan pengawasan dan penugasan kepada tim dibawahnya. Tentu saja pada posisi ini pemimpin dituntut untuk bisa mengerjakan lebih baik atau setidaknya tahu bagaimana cara mengerjakan dibandingkan tim dibawahnya. pada posisi ini pemimpin diikuti karena kuasa atau otoritasnya.

2. Permission
Pada tingkat ini pemimpin sudah diterima oleh pengikutnya. Pemimpin diterima dengan baik dan hubungan antar pemimpin dan pengikut pun sudah mulai terjalin dengan baik. Pengikut memang sudah merasa berkenan untuk dipimpin oleh pemimpin tersebut.

3. Production
Pemimpin pada tingkatan ini sudah memiliki bukti hasil karya yang gemilang dalam karir atau pencapaian lainnya yang berhubungan dengan hal yang dipimpinya. Track record ini membuat orang lebih percaya bahwa dengan dipimpin oleh pemimpin ini akan membawa kebaikan untuk organisasi, hal ini terlihat dari pencapaian pemimpin pada organisasi ini maupun organisasi sebelumnya.

4. People Development
Pada tingkat ini pemimpin sudah bertugas untuk membentuk pemimpin-pemimpin lain. Di tingkat ini juga pemimpin membuktikan bahwa dirinya bisa mengasilkan generasi penerus yang bisa membuat perusahaan atau organisasi tetap berada di jalur puncak mereka.

5. Pinnacle
Tingkatan ini merupakan tingakatan paling tinggi dari level yang diciptakan oleh Maxwell. Orang mengikuti karena respect mereka terhadap pemimpin dan atas semua jasanya terhadap organisasi ataupun perusahaan. Orang merasakan bahwa sikap dari pemimpin ini perlu diteladani agar mampu mencapai kesuksesan pula. Bahkan setelah pemimpin tiada pun sikap yang dapat diteladani masih terus dijaga dalam organisasi maupun perusahaan.


Share on Google Plus

About us

Integrated Management Group terdiri dari dua lini jasa yaitu : School of Leadership dan IM (Integrated Management) Consultant. School of Leadership bergerak dibidang pengembangan diri dalam organisasi dan komunitas sosial sedangkan IM Consultant bergerak dibidang jasa konsultan SDM atau Human Resources Business Partner untuk UMKM.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com