Analisis Jabatan




"Kang, kok rasa-rasanya kerjaan saya kurang jelas yah, saya ngerasa ga terlalu berkontribusi untuk perusahaan." Curhatan Karyawan

"Kang, pegawai saya nih kerjaannya ga jelas, padahal tugas dia sebagai marketing, malah sibuk ikut urus-urus produksi". Curhatan pengusaha

Saya telah berkeliling kepada UKM di kota Bandung dan Bogor, keluhan seperti ini cukup sering terjadi.
Jika anda termasuk kedalam kedua golongan tersebut, mungkin memang anda perlu melakukan analisis jabatan pada posisi pekerjaan di perusahaan anda.

Analisis Jabatan adalah suatu proses menjabarkan bentuk jabatan yang diampu oleh seseorang didalamnya meliputi: deskripsi tugas, tanggung jawab, keahlian yang dibutuhkan, hubungan dengan departemen atau tim lain, alat yang digunakan dan dibutuhkan, lingkungan kerja yang dihadapi dll.

Analisis Jabatan bukan hanya sekedar Deskripsi tugas dan deskripsi keahlian saja. Analisis jabatan ini akan memperjelas fungsi jabatan pada perusahaan. Siapa bertanggung jawab pada apa, siapa bertanggung jawab pada siapa akan terjawab lewat analisis jabatan ini.

Langkah yang dilakukan untuk melakukan analisis jabatan biasanya dilakukan beberapa tahap.
 tahap pertama adalah melakukan pengisian pada form analisis jabatan
kemudian melakukan wawancara terhadap pemangku jabatan dan pemimpin perusahaan.
wawancara dilakukan untuk mengkonfirmasi keinginan atasan dan keinginan pemangku jabatan juga keinginan organisasi pada jabatan tersebut.

Apa-apa sajakah keuntungan melakukan analisis jabatan?
berikut kami sajikan gambarnya







Share on Google Plus

About us

Integrated Management Group terdiri dari dua lini jasa yaitu : School of Leadership dan IM (Integrated Management) Consultant. School of Leadership bergerak dibidang pengembangan diri dalam organisasi dan komunitas sosial sedangkan IM Consultant bergerak dibidang jasa konsultan SDM atau Human Resources Business Partner untuk UMKM.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com