Bangsa "Inferior"


Assalamualaikum wr,wb
Selamat Pagi, teman SOL

Pagi ini saya ingin membahas tentang inferioritas. Inferior ialah suatu keadaan atau kondisi merasa lebih lemah atau merasa rendah diri dibanding dengan orang lain.

Sikap ini tentu saja kurang baik, kita diajarkan untuk rendah hati bukan rendah diri. Sayangnya dengan berbagai macam alasan alasan  kita ini merasa selalu dibawah orang barat. Bangsa timur yang di stereotype kan sebagai bangsa yang terbelakang masih terbawa hingga kini. Tapi jika mau menilik sekarang ini dunia sedang dipegang oleh bangsa timur.

Berapa banyak orang asia yang bisa melakukan ekspansi bisnis ke eropa dan membeli klub eropa, banyak sekali, begitu pula dengan alat elektronik dan teknologi lainnya menandakan bahwa bangsa timur sebenarnya tidak kalah oleh bangsa barat.

Saya terinspirasi oleh Jack ma owner dari albaba, alibaba berhasil memenangkan persaingan bisnis dengan raksasa bisnis asal amerika serikat ebay. Dengan jumlah investasi gila-gilaan ebay siap mengguncang Cina. Namun Jack Ma bergeming, sebagai seorang pemimpin dia menanamkan spirit bahwa orang Cina bisa mengungguli orang amerika.

Hal ini terbukti alibaba dan taobao Berjaya di cina menghancurkan ebay yang nilai sahamnya terus merosot tajam di cina.

Kini kita lihat di Indonesia, bangsa ini memiliki SDM dan SDA yang melimpah ruah, tapi masih saja pengerjaan kuli kasar pun diberikan kepada orang cina untuk pembangunan proyek di Bali. Ini juga yang pernah saya sharing di SOL sebelumnya bahwa kita di pasar MEA nanti akan berhadapan dengan SDM lintas Negara bukan hanya dari Indonesia saja.

Selain itu dari segi budaya kita ini sangat kaya, lebih kaya dari Negara manapun! Dengan beribu pulau beratus suku dan budaya daerahnya kita harusnya bisa menjadi contoh untuk dunia, bagaimana budaya bisa disinergikan di Indonesia. Bukannya malah meniru budaya Amerika, Korea dan Jepang.

Semoga bangsa "Inferior" ini bisa bangkit dan kita menjadi bagian daripada kebangkitan tersebut,
Share on Google Plus

About us

Integrated Management Group terdiri dari dua lini jasa yaitu : School of Leadership dan IM (Integrated Management) Consultant. School of Leadership bergerak dibidang pengembangan diri dalam organisasi dan komunitas sosial sedangkan IM Consultant bergerak dibidang jasa konsultan SDM atau Human Resources Business Partner untuk UMKM.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com