Perbaiki diri atau masa depan akan mengubur impian kita

Diambil dari percakapan Maki dengan salah satu HR Perusahaan Nasional tentang
Harapan industri terhadap gen Y, terutama fresh graduate yang baru mau bekerja.

Seringkali fresh graduate itu terlalu banyak menganalisis perusahaan "ko disini sistemnya gini, padahal harusnya kan gitu". Kebanyakan dari mereka belum siap untuk menjadi professional, lalu apa itu professional? Profesional itu mampu menghasilkan sesuatu dari apa yang individu miliki.

Menjadi pintar dan punya keahlian saja tidaklah cukup kalau belum bisa menghasilkan sesuatu bagi user. Karya kita ini akan sangat berpengaruh dengan banyak orang, karena di dalam perusahaan terdapat berbagai macam posisi yang saling berkaitan. Oleh karena itu kemampuan untuk bisa bekerja sama dengan team sangatlah dibutuhkan.

3 unsur yang perlu ada pada perusahaan ataupun organisasi adalah:

1. Outstanding Personal
2. Outstanding Team
3. Outstanding Organization.

Organisasi yang baik selalu ditopang oleh tim yang hebat. Individu yang hebat mampu terus meningkatkan kualitas dirinya, melihat potensi dari perusahaan bukan hanya sekedar menganalisis permasalahan, memiliki inisiatif tinggi, dan memiliki integritas.

Lalu, apa yang bisa kita ambil dari perbincangan ini.
Pada intinya kita harus terus memperbaiki diri dan mempraktikan apa yang sudah dipelajari. Jangan mudah berpuas diri, atau hanya puas dihapalan saja. Do something! Praktikkan ilmu tersebut supaya kelak teman-teman cepat untuk menjadi professional.

Saya teringat ceramah di Ujung Berung yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak akan mengajarkan para sahabat sebelum mereka mempraktikkan apa yang telah diajarkan oleh beliau sebelumnya.
Juga tentang kutipan bahwa individu akan merugi apabila amalan hari ini sama seperti kemarin hal ini mengingatkan bahwa kita harus terus menaikkan kualitas diri.

Perbaiki diri kita atau masa depan akan mengubur impian kita.
Share on Google Plus

About us

Integrated Management Group terdiri dari dua lini jasa yaitu : School of Leadership dan IM (Integrated Management) Consultant. School of Leadership bergerak dibidang pengembangan diri dalam organisasi dan komunitas sosial sedangkan IM Consultant bergerak dibidang jasa konsultan SDM atau Human Resources Business Partner untuk UMKM.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com