Responsibilty



"Kebebasan hanyalah sebagian cerita dan sebagian kebenaran..
Itulah sebabnya saya merekomendasikan patung liberty di pantai timur ditopang oleh patung tanggung jawab di pantai barat"

(Victor E Frankl dalam buku Man's searching for meaning)

Kebebasan sejatinya tidak.benar-benar bebas dalam arti sesungguhnya, kebebasan hadir bersamaan dengan tanggung jawab pada satu kerangka kerja.

Dalam sebuah tim seringkali kita sebagai pemimpin memberikan keleluasaan. Agar dapat bergerak dan bekerja secara bebas dan ekspresif. Namun seringkali yang kita dapati adalah tim kehilangan arah, bahkan tidak sedikit yang kemudian bingung dan lepas dari tanggung jawab.

Jika kita bisa berpikir secara lebih dewasa,  memaknai kebebasan dalam kerja tim sebagai suatu tanggung jawab yang sudah diberikan. Maka seharusnya kita bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik, itulah orang yang bertanggung jawab.

Sayangnya, seringkali kebebasan dimaknai sebagai pembebasan tugas, yang diartikan "semau gue" atau "suka suka gue", sehingga membuat kerjaan tersebut malah berantakan dan tidak terkerjakan.

Semoga kita bisa jadi orang-orang bebas yang bertanggung jawab atas kebebasan tersebut.

Agar kebebasan dan tanggung jawab bisa hadir dalam suatu rangkaian kerja, mari maknai kebebasan tersebut sebagai suatu kepercayaan yang harus kita jaga.
Kepercayaan atas kemampuan kita untuk mandiri dan bertanggung jawab atas pilihan dan segala sesuatu yang kita kerjakan.

Share on Google Plus

About us

Integrated Management Group terdiri dari dua lini jasa yaitu : School of Leadership dan IM (Integrated Management) Consultant. School of Leadership bergerak dibidang pengembangan diri dalam organisasi dan komunitas sosial sedangkan IM Consultant bergerak dibidang jasa konsultan SDM atau Human Resources Business Partner untuk UMKM.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com