Written by: Geris Pradhana Anindhiya
Dave Ulrich, dalam bukunya yang berjudul Human Resource Champions (1996)
mengidentifikasi ada 4 peran HR yang menambah value dari perusahaan peran-peran tersebut adalah:
Sebagai administratif expert, Proses pengelolaan karyawan tentu saja membutuhkan banyak sekali Form dan juga database. Proses ini harus dilakukan secara efektif dan efisien, bukan hanya itu saja pelayanan yang diberikan juga harus sesuai
dengan kebutuhan organisasi. Peran HR dalam administratif expert ini cukup memakan waktu dan dibutuhkan penunjang teknologi informasi untuk membantu pengerjaannya.
Sebagai employee champion, HR harus mampu mengembangkan strategi memanfaatkan SDM atau talent pool yang ada dalam perusahaan. Selanjutnya bersama-sama dengan manajer lini mengimplementasikan
kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan komitmen dan kontribusi karyawan. HR juga harus mampu menjadi jembatan penghubung yang baik antara staff dan top manajemen dan mengambil langkah yang tepat berkaitan dengan membangun lingkungan kerja yang baik dan nyaman bagi tiap-tiap elemen di perusahaan.
Sebagai strategic partner, Disini HR ikut berperan dalam merencanakan dan pengaplikasian strategi SDM ke dalam strategi bisnis secara umum. HR harus memiliki kemampuan untuk berkontribusi secara riil terhadap lini-lini perusahaan lewat program-program SDM. Selain itu juga HR perlu mendampingi top manajemen dalam mencari
solusi dan memberikan kontribusi dalam pembuatan keputusan yang strategis
terkait organisasi, karyawan dan kemungkinan perubahan.
Sebagai change agent, HR harus mengerti budaya
organisasi, nantinya bersama dengan konsultan/komite internal perusahaan, mereka mendampingi manajer untuk memimpin, mengarahkan dan memfasilitasi perubahan dalam rangka meningkatkan kapasitas
karyawan untuk berkembang bersama-sama dengan perusahaan.
0 comments:
Post a Comment